Kamis, 01 Oktober 2015

Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip - UMM



SEJARAH SINGKAT PRODI ILMU PEMERINTAHAN

Nama Prodi

: Ilmu Pemerintahan
Berdiri
: Tahun 1968
Alamat
: Gedung Kuliah Bersama (GKB) Lantai Enam Kampus III UMM
E-mail
Blog

Jurusan Ilmu Pemerintahan merupakan salah satu jurusan yang ada dalam lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang  berdiri pada tahun 1986 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0502/O/1516. Semula jurusan ilmu pemerintahan menampung alumni Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN-Malang) yang ingin memperoleh gelar sarjana S1. Oleh karena itu jurusan ilmu Pemerintahan semula diarahkan untuk mengisi jabatan-jabatan yang ada dalam lingkup pemerintahan. Jurusan Ilmu Pemerintahan membekali mahasiswa dengan keilmuan dan keterampilan yang komprehensif di bidang kepemerintahan.
  
Dalam perkembangannya, jurusan ilmu pemerintahan tidak hanya diarahkan pada penyediaan sarjana-sarjana yang akan mengisi jabatan pemerintahan saja, melainkan terbuka untuk jabatan di luar pemerintahan, seperti misalnya di dunia politik (partai politik), LSM (lembaga Swadaya Masyarakat, swasta (perusahaan) maupun di dunia jurnalistik (wartawan).

 
Perkembangan kehidupan politik dan pemerintahan pasca reformasi yang ditandai dengan semakin meningkatkan peran partai politik di semua lini, memungkinkan partai politik tumbuh dan berkembang hampir di seluruh pelosok tanah air bahkan di desa-desa. Disamping itu penerapan desentralisasi dan otonomi daerah telah memberikan kesempatan bagi setiap daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan pemerintahannya sendiri sesuai dengan prakarsa dan aspirasi masyarakat setempat. Oleh karena itu maka setiap daerah akan semakin banyak membutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya terampil, namun juga memiliki akhlak yang mulia, serta ditunjang dengan kapasitas dan kualitas keilmuan yang tinggi di bidang politik dan pemerintahan daerah.
  
Untuk menjawab kebutuhan daerah akan ketersediaan sumber daya manusia, yang terampil dan berkualitas dalam rangka mewujudkan kehidupan politik dan pemerintahan yang demokratis di daerah, maka jurusan ilmu pemerintahan mengundang putera-putera daerah untuk bergabung dengan jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang.

Dengan menempati kawasan yang luas dan berada di lokasi strategis di tengah-tengah antara Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, serta ditunjang dengan suasana kota Malang yang sejuk, memungkinkan terciptanya suasana belajar di Jurusan Ilmu Pemerintahan tidak hanya kondusif, tetapi juga menyenangkan. Selain itu, Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UMM memiliki staf  pengajar yang berkualifikasi profesor, doktor dan master, mulai 1968 jurusan ilmu pemerintahan telah melahirkan sarjana yang professional yang dibutuhkan baik oleh institusi publik maupun privat. Banyak alumni jurusan ilmu pemerintahan yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran pemerintahan, baik pemerintahan pusat, propinsi, maupun pemerintah kabupaten/kota hingga di jajaran pemerintahan desa dan kelurahan.

 JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN

  Visi
Menjadikan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP-UMM sebagai pusat pendidikan Islam yang unggul dalam pengembangan ilmu serta praktik pemerintahan untuk mendukung terwujudnya Good Governance.
Misi
Menyelenggarakan pendidikan untuk Mengembangkan pola piker, wawasan, dan keterampilan Mahasiswa dibidang          ilmu Pemerintahan yang berorientasi pada pemerintahan daerah (local government)

Mengembangkan riset dan kajian ilmu pemerintahan dan ilmu politik untuk mendukung terwujudnya tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance).
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan demokratisasi dan pemberdayaan masyarakat sipil  (civil society).

Meningkatkan jaringan kelembagaan yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi (TCI).

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dan keterampilan pemerintahan yang berakhlak mulia.
Tujuan

Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi sarjana ilmu politik yang memiliki kualifikasi:
1.        Menguasai dasar-dasar ilmiah dan dasar-dasar keterampilan di bidang Pemerintahan dan Politik.
2.   Mampu mendeskripsikan kenyataan praktis, terkait dengan bidang kajian Pemerintahan dan Politik secara komprehensif dan akurat.
3.        Mampu mengidentifikasi permasalahan di bidang Pemerintahan dan Politik.
4.        Mewujudkan kehidupan berdemokrasi melalui pemberdayaan masyarakat sipil (civil society).
5.    Memiliki kepekaan dan tanggung jawab etik dalam mengemban amanah sebagai ilmuawan dan praktisi Ilmu Pemerintahan.

Kompetensi Program Studi dan Peta Kurikulum Berdasarkan Kompetensi.
Agar visi, misi, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik perlu ditetapkan kompetensi dan Peta Kurikulum Berdasarkan Kompetensi. Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UMM membagi kompetensi kedalam tiga bagian, diantaranya:
1.      Kompetensi Utama. Adalah kompetensi yang menekankan pada kemampuan berbahasa Asing, retorika, meneliti dan menganalisa, manajerial dan kepemimpinan, dan entrepreneurship.
2.      Kompetesi Unggulan. Mewujudkan kemampuan menyusun dan mengevaluasi kebijakan public, bernegisiasi, Public speaking, Analisa Politik Lokal, dan mendesign arah kebijakan pemerintahan daerah dalam mewujudkan konsep Good Governance.
3.      Kompetensi Spesifik. Memiliki moral dan akhlak yang mulia sebagai wujud pengmalan nilai- nilai islam.

 

PETA KURIKULUM BERDASARKAN KOMPETENSI
KOMPETENSI
KURNAS
KUR. PRODI
Utama:


1. Kemampuan Berbahasa
Asing

ESP I dan ESP II
2. Kemampuan Menulis
Bahasa Indonesia Ilmiah

3. Kemampuan Meneliti
dan Menganalisis
Pengantar Statistik Sosial,
Metode penelitian Sosial,
Metodologi Ilmu Politik dan
Pemerintahan
Analisa Kekuatan Sosial Politik
4.Kemampuan Public
Speaking
Dasar-dasar logika, Bahasa
Indonesia Ilmiah
Filsafat Ilmu
5. Kemampuan Leadership
dan Manajerial
Azas-azas Manajemen,
Organisasi dan Manajemen Pemerintahan
Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Konflik dan Konsensus, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pelayanan Publik.
6. Enterpreneurship
Azas-azas Manajemen,
Sistem Ekonomi Indonesia,
Politik Pertahanan
Investasi dan Pengembang Ekonomi Lokal, Perpajakan, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMM)

Unggulan:


 
1. Kemampuan menyusun
dan mengevaluasi
kebijakan Publik
Kebijakan Publik, Sistem
Pemerintahan Indonesia,
Birokrasi Indonesia,
Sistem Politik Indonesia,
Sistem Ekonomi Indonesia,
hubungan Pusat Daerah,
Politik Pertahanan
Perencanaan Pembanguna Daerah, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Analisa Kekuatan Sosial Politik, Negara dan Masyarakat Sipil, Perbandingan Sistem Politik dan Pemerintahan, Perpajakan, Sistem Penganggaran Pemerinatahan
2. Kemampuan menganalisis
Politik Lokal dan Pemerintahan
Daerah
Sistem Sosial Budaya
Indonesia, Sistem
PemerintahanRI, Sistem
Politik Indonesia,
Hubungan Pusat Daerah,
Kebijakan Publik
Kelembagaan Politik Lokal Indonesia, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Perencanaan Pembangunan Daerah, Teori Desentralisasi, Urban Politics, Investasi dan PEngembangan Ekonomi, Lokal, Analisa Kekuatan Sosial Politik, Negara dan Masyarakat Sipil, Perubahan Sosial dan Dinamika Pemerintahan, Demokrasi dan HAM
3. Kemampuan Bernegosiasi
Sistem Kepartaian dan
Pemilu Indonesia
Proses Legislatif, Manajemen Konflik dan Konsensus
4. Kemampuan Public Speaking
Dasar-dasar Logika,
Bahasa Indonesia Ilmiah
Filsafat Ilmu

 
Spesifik:


 
Memiliki moral dan akhlak mulia berdasarkan nilai-nilai Islam.
Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan Agama : AIK I, AIK II, AIK III, dan AIK IV, Pemikiran Politik Islam.



PERKEMBANGAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM IP
B.1.      Perkembangan Penyelenggaraan Mata Kuliah Praktikum
Empat tahun terakhir ini mata kuliah praktikum ilmu pemerintahan mengalami perkembangan sebagai berikut :
 
Tahun Akademik
Jumlah Mata Kuliah Praktikum
Jumlah Mata Kuliah yang di praktikumkan
Nama Mata Kuliah

 
2002/2003
8 MK
2 MK
1.      Sistem Informasi Manajemen
2.      Org. Manajemen Pemerintahan
2003/2004
8 MK
3 MK
1.      Sistem Informasi Manajemen
2.      Org. Manajemen Pemerintahan
3.      Sistem Kepartaian dan Pemilu
2004/2005
8 MK
6 MK
1.      Sistem Informasi Manajemen
2.      Org. Manajemen Pemerintahan
3.      Sistem Kepartaian dan Pemilu
4.      Perubahan Sosisal & Dinamika Pemerintahan
5.      Sistem Pemerintahan Desa
6.      Pendapatan Daerah
2005/2006
8 MK
8 MK
1.      Sistem Informasi Manajemen
2.      Org. Manajemen Pemerintahan
3.      Sistem Kepartaian dan Pemilu
4.      Perubahan Sosisal & Dinamika pemerintahan
5.      Sistem Pemerintahan Desa
6.      Pendapatan Daerah
7.      Metodologi Ilmu Pemerintahan
8.      Publik Policy (Kebijakan Pemerintahan)
2007/2010
8 MK
8 MK
1.      Organisasi manajemen Pemerintahan
2.      Sistem Informasi Manajemen
3.      Perubahan Sosial dan Dinamika Pemerintahan
4.      Perpajakan
5.      Sistem Kepartaian dan Pemilu RI
6.      Public Policy
7.      Metodologi Ilmu Pemerintahan


B.2.      Perkembangan SDM (Instruktur dan Asisten)
 a. Perkembangan SDM Laboratorium
Untuk menopang pelaksanaan praktikum dibutuhkan instruktur dan asisten yang memadai, Dosen pengampu mata kuliah dan beberapa dosen yang ditunjuk oleh jurusan bertindak sebagai instruktur dibantu mahasiswa senior yang terseleksi sebagai asisten, adapun perkembangan SDM yang mengelola praktikum adalah sebagai berikut :



Tahun Akademik
Mata Kuliah yang di praktikumkan
Nama Mata Kuliah
(Semester)
SDM
(Instruktur dan Asisten)
2002/2003
2 MK
1. Sistem Informasi Manajemen
(Ganjil)
2 Orang Instruktur
6 Asisten
2. Org. Manajemen Pemerintahan
(Genap)
2 Orang Instruktur
6 Asisten
 
2003/2004
3 MK
1. Sistem Informasi Manajemen
(Ganjil)

2 Orang Instruktur
6 Asisten
2. Org. Manajemen Pemerintahan
(Genap)
3. Sistem Kepartaian dan Pemilu
(Genap)
3 orang instruktur
6 orang asisten


 
2004/2005
6 MK
1. Sistem Informasi Manajemen
(Ganjil)
2. Perubahan Sosial dan Dinamika
    Pemerintahan (Ganjil)
4 orang instruktur
8 Orang Asisten
3. Org. Manajemen Pemerintahan
(Genap)
4. Sistem Kepartaian dan Pemilu
(Genap)
5. Sistem Pemerintahan Desa
(Genap)
6. Pendapatan Daerah (Genap)
6 orang instruktur
12 Asisten






 
2005/2006
6 MK
1. Sistem Informasi Manajemen
(Ganjil)
2. Perubahan Sosial dan Dinamika
    Pemerintahan (Ganjil)
3. Metodologi Ilmu Pemerintahan
(Ganjil)
4. Publik Policy / Keb.Pemerintahan (Ganjil)
4 orang instruktur
12 Orang Asisten
5. Org. Manajemen Pemerintahan
(Genap)
6. Sistem Kepartaian dan Pemilu
(Genap)
7. Sistem Pemerintahan Desa
(Genap)
8. Pendapatan Daerah (Genap)
6 orang instruktur
12 Asisten
2007-2010
8 MK
1.   Organisasi manajemen Pemerintahan
2.   Sistem Informasi Manajemen
3.   Perubahan Sosial dan Dinamika Pemerintahan
4.   Perpajakan
5.   Sistem Kepartaian dan Pemilu RI
6.   Public Policy
7.   Metodologi Ilmu Pemerintahan



b. Rekrutmen dan Pengembangan SDM Laboratorium
Setiap dua semester terjadi rotasi asisten, asisten yang kurang aktif dan asisten yang tidak bersedia untuk menjadi asisten diganti dengan asisten baru dari mahasiswa yang berminat melalui seleksi yang diselenggarakan oleh Laboratorium ilmu Pemerintahan. Syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi asisten antara lain : a). Minimal mahasiwa IP semester IV; b). Sudah menempuh mata kuliah prakatikum SIM dan OMP; c) dapat mengoperasikan SISDASAT, Excel, Microsoft Word, sehingga jumlah asisten di Laboratorium IP perpaduan antara yang lama dengan asisten yang baru sebanyak-banyaknya 12 orang.
 
Untuk menambah kemampuan asisten dalam melakukan tugas praktikum dilaksanakan hal-hal sebagai berikut :
-         Workshop yang menghadirkan Dosen pengampu mata kuliah atau praktisi sesuai dengan bidang mata kuliah praktikum
-         Diskusi kelompok
-         Memberikan wawasan dan praktek tentang penguasaan proses belajar mengajar.
-         Evaluasi mingguan - berkenaan dengan pelaksanaan Praktikum.
 
B.3.      Perkembangan sarana prasarana praktikum
Sarana penopang praktikum di laboratorium Ilmu Pemerintahan semakin baik, karena mulai semester Genap tahun 2003/2004 komputer di Laboratorium Ilmu Pemerintahan telah diganti dengan komputer yang lebih memadai setara dengan pentium 4, berjumlah 17 unit yang dihubungkan secara line dilengkapi dengan sistem informasi data strategis (SISDASAT) dan data base mengenai struktur organisasi pemerintahan di seluruh Jawa Timur, Daerah Dalam Angka, Pemilu 2004, selain itu juga dilengkapi 2 printer, 1 scanner dan 1 CD RW untuk memback up data yang diperlukan oleh Lab.
Satu unit yang tersedia juga dihubungkan dengan internet sehingga dapat digunakan untuk mengakses data yang diperlukan oleh Laboratorium Ilmu Pemerintahan. Dari 17 unit komputer, 15 unit digunakan untuk praktikum sedangkan 2 unit digunakan untuk layanan administrasi.
Lab. IP juga memiliki tempat seminar (Round Table) yang berguna bagi mahasiswa untuk: 1) Melaksanakan seminar proposal bagi mahasiswa yang meyelesaikan tugas akhir; 2) Tempat mahasiswa membaca skripsi, referensi, dan data-data lain yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas akhir; 3). tempat Workshop dan tempat berdiskusi untuk memperdalam materi praktikum oleh asisten, 4). Tempat breafing Instruktur dan asisten kepada kelompok-kelompok peserta praktikum yang akan terjun ke lapang; 5). Tempat rapat dalam rangka persiapan, pelaksanaan dan evaluasi praktikum.
 
B.4.      Panduan Praktikum ( Modul )
Untuk memudahkan proses praktikum idealnya setiap mata kuliah praktikum di laboratorium ilmu pemerintahan harus dilengkapi dengan modul atau buku panduan, sampai sekarang modul yang tersedia adalah Sistem Informasi data Strategis (Sisdasat) untuk mata kuliah SIM dan OMP dan Panduan praktikum untuk mata kuliah Pendapatan daerah, Metodologi Ilmu Pemerintahan dan Sistem Kepartaian dan Pemilu dalam tahap penyelesaian dan Penggandaan.
Sedangkan untuk mata kuliah praktek lapang (mata kuliah Sistem Pemerintahan Desa, Publik Policy, dan Perubahan Sosial dan Dinamika Pemerintahan) teknis pelaksanaannya adalah dosen Pengampu mata kuliah memberi penugasan kepada mahasiswa secara berkelompok untuk melakukan kunjungan lapang dan melakukan survey terhadap suatu praktek pelaksanaan kerja institusi pemerintahan tertentu dengan memberi TOR , Instrumen survey, dan panduan pembuatan laporan sebagai bahan kelengkapannya.
 
B.5.       Jadwal Praktikum.
Dengan ruangan dan Sarana terbatas dengan semakin banyaknya mata kuliah yang dipraktikumkan maka jadwal praktikum di laboratorium perlu diatur secara lebih efisien satu mata kuliah tidak mungkin dilakukan praktikum selama dua atau tiga bulan, tetapi di atur hanya satu bulan saja konsekuensinya jika tatap muka dalam praktikum dilakukan 8 kali pertemuan maka satu minggu terjadi 2 kali pertemuan tatap muka baik oleh instruktur maupun asisten. Sedangkan untuk praktikum lapang proses persiapan dan pelaksanaannya diatur dalam satu bulan setelah Midle test.
 
B.6.      Peserta Praktikum dan Pembentukan Kelompok Praktikum
Meskipun trend mahasiswa Ilmu Pemerintahan selama empat tahun ini mengalami penurunan, tetapi peserta praktikum dari semester ke semester mengalami peningkatan hal ini sejalan dengan semakin banyaknya mata kuliah yang di praktikumkan, oleh karena itu dalam pengelolaan praktikum peserta perlu di bagi menjadi beberapa kelompok yang disesuaikan dengan kapasitas ruang dan jumlah komputer.
Dosen pengampu mata kuliah dan asisten membagi mahasiswa peserta praktikum menjadi beberapa kelompok, satu kelompok tidak boleh melebihi 15 orang sesuai dengan kapasitas komputer yang tersedia, Semester genap tahun akademik 2005/2006 dari empat mata Kuliah praktikum pengelompokan peserta praktikum dilakukan sebagai berikut :
No
Mata Kuliah Praktikum
Semester
Jumlah Kelas
Jumlah Mahasiswa
Jumlah Kelompok
1
OMP
II
2
76
9
2
Sistem Informasi Manajemen
III
2
113
15
3
Public Policy (Kebijakan Pemerintahan)
III
2
85
9
4
Pendapatan Daerah
IV
2
63
7
5
Sistem Pemerintahan Desa
IV
3
119
4
6
Perubahan Sosial dan Dinamika Pemerintahan
V
2
86
10
7
Metodologi Ilmu Pemerintahan
V
3
151
16
8
Sistem Kepartaian dan Pemilu RI
VI
2
109
18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar