Kamis, 01 Oktober 2015

Penerapan Trik Fitur Navigation Pane Pada Microsoft Word

       Fitur navigation pane adalah fitur yang ada pada Microsoft Wold 2010 yang dapat memudahkan para penggunanya dalam mancari bagian-bagian tertentu seperti judul, bab, dan lain sebagainya dengan mudah tanpa ribet. Contoh saja pada saat pembuatan makalah,  tentu kita akan membuat tulisan dengan banyak sekali halaman mulai dari daftar isi, kata pengantar, bab, materi, penutup dan juga daftar pustaka. Oleh sebab itu kawan sekalian, dengan adanya fitur navigation ini dapat memudahkan dalam melihat halaman-halaman yang sekiranya di cari tanpa harus melihat semua dokumen satu persatu.
            Navigation pane mengorganisir dokumen kedalam tiga jenis tampilan (view) berbeda yaitu Heading View, Page View, Search Results View.  Sebagai contoh, berikut cara mengorganisir dokumen dengan Heading View :
1.     Langka pertama buka dokumen bentuk Microsoft Word
2.     Setelah itu, klik Ctr+F, dan akan muncul Kolom Navigation di sebelah kiri seperti gambar di bawah ini

3.     Selanjutnya, sobat mengklompokkan kata-kata yang akan di bagi menjadi 2, yaitu Kata Title/Judul dan Kata Subtittle.
            Pengelompokan yang akan di masukkan ke dalam Kata Title/Judul diantaranya ada kata pengantar, Bab 1, Bab 2, Dan Bab 3
4.     Caranya yaitu blok kata yang termasuk kedalam Kata Title/Judul, contoh Kata Pengantar, lalu klik Title pada bagian Home dan akan muncul kata pengantar pada kolom Navigation

5.     Kemudian lanjutkan dengan kata-kata yang lainnya, sampai muncul seperti gambar berikut.

            Sedangkan untuk subtitlenya, kata-kata yang termasuk dalam kata subtitle adalah  latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan dll.

6.     Caranya yaitu blok kata yang termasuk kedalam Kata subtitle, contoh Latar Belakang, lalu klik subtitle pada bagian Home dan akan muncul kata Latar Belakang pada kolom Navigation.

7.     Kemudian lanjutkan dengan kata-kata yang lainnya, sampai muncul seperti gambar berikut.

8.     Dengan adanya kata-kata dalam kolom navigasi tersebut, sobat dapat dengan mudah melihat tiap-tiap bagian dalam dokumen tanpa harus mencari lembar demilemar.

Sekarang sobat mungkin bisa memulainya sendiri danmenerapkanya. Semoga bermanfaat untuk sobat sekalin. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar